Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Polis Asuransi

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Polis Asuransi

Asuransi merupakan salah satu cara paling efektif untuk meminimalisir dampak kerugian yang diderita akibat suatu kejadian, baik untuk diri sendiri maupun keluarga. salah satu jenis asuransi yang wajib dimiliki adalah Asuransi Jiwa. Asuransi jiwa di Indonesia kini sudah semakin beragam ditambah banyaknya benefit yang dapat diterima oleh peserta polis, membuat jenis asuransi yang satu ini wajib masuk ke dalam pertimbangan. Salah satunya adalah keleluasaan dalam memilih nilai uang pertanggungan, jenisnya dan siapa ahli waris yang ditunjuk sebagai penerima uang pertanggungan tersebut.

Apalagi saat ini, asuransi dengan jenis apapun dapat dikategorisasikan sebagai alat investasi yang menarik dan tentunya menguntungkan. Sehingga tidak jarang kini banyak orang yang sadar akan manfaat dari keikutsertaan diri dan keluarga terhadap produk asuransi. Selain aman dan dapat memanajemen risiko dengan baik, juga tentunya memberikan manfaat secara finansial di masa mendatang. Namun bagi kamu yang tertarik untuk membeli polis asuransi, ada baiknya kamu memperhatikan beberapa hal dasar berikut ini. Apa saja? Yuk, kita simak bersama berdasarkan lansiran dari situs OJK :

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Polis Asuransi

  • Mengecek cara klaim dan persyaratannya

Tentu suatu asuransi akan sangat bermanfaat dalam manajemen risiko dari suatu kejadian yang tidak diinginkan di masa mendatang jika dapat di klaim secara baik dan maksimal. Namun untuk melakukan klaim, pastinya ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi oleh seluruh peserta asuransi. Hal-hal ini tentu sudah diinformasikan kepada calon peserta sebelum polis dibeli, namun nyatanya akan ada saja ketidaktelitian yang menyebabkan peserta asuransi gagal klaim manfaat ketika membutuhkan. Untuk itu, sebelum membeli suatu polis asuransi, pastikan kamu sudah membaca betul-betul aturan, tata cara dan syarat dalam melakukan klaim. Konsultasikan kebutuhanmu dan jangan segan tanyakan bila ada yang membuatmu ragu kepada agen asuransimu. Atau kamu juga bisa mengunjungi situs berikut ini untuk merinci apa saja yang wajib dicatat untuk melancarkan proses klaim asuransi.

  • Premi pembayaran

Selanjutnya, premi pembayaran yang perlu dibayarkan tiap bulan. Jangan pilih yang asal murah, cek terlebih dahulu apakah ada kemungkinan premi yang dibayarkan akan meningkat seiring waktu. Lalu kemudian, sesuaikan dengan benefit yang kamu terima, apakah sudah cukup seimbang? Dan bagaimana dengan proses klaimnya, apakah dengan besaran biaya premi yang diminta berbanding lurus dengan kemudahan klaim di masa mendatang? Semua hal tersebut patut kamu pertimbangkan sebelum semakin jauh, karena bagaimanapun premi yang murah akan terasa tidak berguna jika nantinya justru menyusahkan dan tidak memberikan manfaat.

  • Manfaat tambahan

Selain beberapa hal di atas, adanya manfaat tambahan dalam sebuah polis asuransi juga patut kamu cari tahu, lho. Karena selain memudahkan, manfaat tambahan yang nantinya kamu terima dapat menjadi nilai tambah sekaligus pembanding produk asuransi yang satu dengan yang lainnya. Manfaat tambahan dapat berupa manfaat rawat inap dan rawat jalan, manfaat uang perawatan hingga kemudahan lainnya seperti kemudahan dalam memilih jumlah uang pertanggungan hingga fleksibilitas dalam pembayaran.

Itu dia beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kamu memutuskan untuk membeli produk asuransi. Dan jika kamu tertarik untuk membeli asuransi jiwa, pastikan kamu memahami ragam jenis asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhanmu dan juga keluarga ya!

Tinggalkan Balasan